Daftar pakar SEO terbaik baru saja dirilis dalam sebuah artikel Cynthia Johnson untuk portal SEO terkemuka Search Engine Journal.

Kalau anda berfikir bahwa itu mungkin hanya pendapat pribadi sang penulis, nanti dulu. Portal sekelas SEJ pastinya tidak begitu saja memuat artikel yang ditulis kontributor-kontributornya.

Image for post
Image for post

Pastilah ada tim yang kredibel untuk melakukan evaluasi dan validasi terlebih dahulu. Apalagi menanggapi posting tersebut juga sudah ada banyak komentar positif.

Jadi kalau anda ingin meningkatkan tingkat kepakaran di bidang SEO, entah untuk keperluan sendiri atau merupakan profesi sehari-hari, tentunya perlu disimak.

#1 Susan Dolan

Pakar SEO yang memfokuskan https://voxylab.com/domain_authority-da-checker dirinya hanya dengan satu search engine, Google, ini berasal dari Inggris.

Mengelola perusahaan jasa konsultan SEO bernama SEO Web Marketing, website perusahaanya juga banyak memuat artikel yang berhubungan dengan bidangnya, SEO khususnya untuk Google.

Client-clientnya menyebar di seluruh penjuru dunia. Biasanya layanan yang diberikannya bukan sebatas menjadikan website client berada di puncak SERP tetapi juga membangun campaign social media yang efektif dan bersinergi dengan SEO.

Jumlah clientnya yang cukup banyak dari berbagai bidang usaha, mungkin ada diantaranya yang sama dengan bidang usaha yang anda geluti sehingga gagasan-gagasannya bisa langsung diterapkan.

Susan Dolan juga merupakan salah satu anggota Cruise Lectures Association lang mengadakan kursus-kursus dalam berbagai bidang di tempat yang sangat nyaman dan biasanya merupakan tempat berlibur orang-orang berkantong tebal, kapal pesiar. Tertarik untuk ikut?

Kunjungi websitenya di http://www.seowebmarketing.co.uk/

#2 Rand Fishkin

Kalau anda serius dengan SEO pastinya sangat mengenal Moz. Selain memiliki salah satu portal SEO terkemuka dimana Rand Fishkin banyak menulis artikel dan memposting video presentasi yang berkaitan dengan SEO, Moz juga menyediakan tool SEO. Tool SEO yang ditawarkan Moz merupakan salah satu yang terbaik, dan tentunya harganya sangat mewakili kualitasnya.

Mahal! Tapi untuk mereka yang serius di bidang SEO, manfaat dari tool ini jauh lebih besar dari biaya yang anda harus keluarkan untuk mendapatkannya. Selain tool berbayar, ada juga tool gratis yang juga sangat berguna

Rand Fishkin tidak menyediakan dirinya dibayar untuk jasa SEO meskipun kepakaranya diakui dunia. Selain membagi keahliannya melalui blog yang berada di dalam website perusahaanya, dia juga sering diundang untuk presentasi dan menjadi pembicara.

Yang mengundang juga bukan perusahaan-perusahaan sembarangan, tapi raksasa digital seperti Facebook, Microsoft, bahkan Google sendiri.

Websitenya pasti semua sudah tahu dong ya https://moz.com

#3 Aimee Beck

Tidak bisa dipungkiri bahwa yang paling penting dalam SEO itu adalah content. Content inilah yang dicari para pengunjung website.

Karena content ini penting bagi pengunjung website maka search engine juga sangat memperhatikan aspek ini dalam menentukan ranking sebuah website.

Kalau kebanyakan pakar SEO termasuk mereka yang masuk di dalam daftar pakar SEO terbaik ini lebih berfokus pada aspek-aspek teknis, dari mulai kehandalan server sampai on-page dan off-page SEO, Aimee Beck memfokuskan keahliannya padah hal yang paling esensial ini, content.

Belasan tahun pengalaman sebagai editor dan penulis pada sejumlah portal terkemuka seperti SEM Post, Smart Computing, dan TechNews membuat dia tahu persis konten yang baik untuk kedua sisi, pengunjung website dan search engine.

Perusahaan yang dikelolanya, Beck SEO Copywriting menyediakan jasa layanan pembuatan content profesional yang sudah terbukti cocok dipadukan dengan SEO organik beraliran white-hat.

Di dalam website perusahaanya juga terdapat blog dimana dia membagi pengetahuan dan pengalamannya. Kunjungi websitenya di http://www.beckseocopywriting.ca/

#4 Nadav Dakner

Dari namanya dan karena banyak ahli IT dan pakar SEO berasal dari negeri yang satu ini, tadinya sayapun mengira Nadav Dakner ini orang India.

Ternyata sosok yang merupakan CEO dan salah satu pendiri perusahaan content marketing bernama InboundJunction berasal dari Israel. Perusahaanya sendiri berada di ibu kota negara tersebut, Tel Aviv.

Berbeda dengan kebanyakan pakar SEO yang hanya melihat keberhasilan dari pencapaian ranking SERP, selain kepakarannya dalam teknik-teknik SEO, Nadav juga mengedepankan pendekatan performance-driven SEO, dimana semua harus terukur, dari mulai formulasi strategi, eksekusi, sampai hasilnya.

Seperti kebanyakan pakar SEO, Nadav dan perusahaannya menawarkan jasa di bidang content marketing. Tapi selain mengutip bayaran dari client-clientnya yang tersebar di banyak negara, Nadav juga banyak membagi pengetahuannya, tapi tidak melalui blog perusahaan maupun blog pribadinya.

Dia lebih memilih berbagi melalui portal-portal digital marketing terkemuka seperti The Daily Egg dan Kissmetric.

#5 Matthew Barby

Jika kebanyakan pakar SEO lain mengeola perusahaan sendiri yang bergerak dibidang jasa tertentu yang berhubungan dengan SEO dan digital marketing, Matthew Barby memilih jalur profesional.

Setelah bekerja di bidang yang sama di banyak perusahaan terkemuka, dia sekarang mengemban jabatan Head of Growth and SEO di HubSpot.

Keahlian Matthew Barby memang sangat spesifik. Di perusahaan-perusahaan yang mempekerjakannya, dia membantu membangun kampanye SEO dan inbound marketing barbasis konten.

Banyak hal yang bisa kita pelajari dari blog pribadinya http://student.blog.dinus.ac.id/lambang/ http://student.blog.dinus.ac.id/sisteminformasi/ http://student.blog.dinus.ac.id/manajemenpariwisata/ http://student.blog.dinus.ac.id/sosialbudaya/ http://blog.ub.ac.id/dendri/ http://blog.ub.ac.id/paketwisata/ http://blog.ub.ac.id/kerjaonline/ http://blog.ub.ac.id/whatsappweb https://blog.ub.ac.id/lk21/ http://hendrayulianto.student.umm.ac.id/ http://cindrariskiyana.web.ugm.ac.id/ http://blog.umy.ac.id/fitriamarta/ http://44214120139.blog.mercubuana.ac.id/ http://blogsivitas.lipi.go.id/detail/index/imad006 http://blog.ub.ac.id/triawan/ http://student.blog.dinus.ac.id/yanu/ http://blog.umy.ac.id/dickybayu/ http://ratih11.blog.unjaniyogya.ac.id http://rindayosa.web.ugm.ac.id http://44212010145.blog.mercubuana.ac.id http://eliyarsih.student.umm.ac.id http://dewi137.student.unidar.ac.id/ http://yusufwahyu.student.umm.ac.id/ http://vika.student.ittelkom-pwt.ac.id http://speechdebate.binghamton.edu/Users/4072/Profile/mila-kosovic/ FRESH EDU PROFILE https://git-dev.dartmouth.edu/contohcvbahasainggris https://serc.carleton.edu/person/127457.html https://topofiregitlab.health.umt.edu/contohcvbahasainggris https://digitalmedialab.johncabot.edu/members/contohcvbahasainggris/ https://online.edu.gr/my-account/contohcvbahasainggris/ https://dev.tredcollege.edu.au/members/contohcvbahasainggris/ https://natcinstitute.edu.sg/forum/profile/httpskuis-onlinetutorialcontoh-cv-menarik/ http://sualaptop365.edu.vn/members/contohcvbahasainggris.249648/ http://teresa.n-fukushi.ac.jp/mahara/user/view.php?id=3243 http://lsp.pnl.ac.id/profile.php?lookup=145647 http://git.radenintan.ac.id/contohcvbahasainggris https://git.karir.itb.ac.id/contohcvbahasainggris https://git.stikom-bali.ac.id/contohcvbahasainggris https://git.soton.ac.uk/contohcvbahasainggris https://git.aps.anl.gov/contohcvbahasainggris https://git.lan.go.id/contohcvbahasainggris https://ui.academia.edu/HendraYulianto https://hendrayulianto.academia.edu/ https://hendrayulianto.academia.edu/contact https://pariwisata.slemankab.go.id/forum/profile/contohcvbahasainggris/ https://desaneglasari.banjarkota.go.id/forum/profile/contohcv/ https://io.telkomuniversity.ac.id/forum/profile/contohcv/ https://io.telkomuniversity.ac.id/forum/profile/hendrayulianto/

Get the Medium app

A button that says 'Download on the App Store', and if clicked it will lead you to the iOS App store
A button that says 'Get it on, Google Play', and if clicked it will lead you to the Google Play store